Fakta Unik Ritual Ngalap Berkah di Bawah Talang Emas Kabah

Fakta Unik Ritual Ngalap Berkah di Bawah Talang Emas Kabah

Saat melihat kabah apa kalian memperhatikan talang emas ini? iya, Talang emas Kabah atau Mizab merupakan saluran air di tembok atas Kabah dan berada di atas Hijr Ismail, yang dibuat dengan tujuan memperlancar pembuangan air dari atap saat hujan atau waktu pencucian Kabah.

Dalam beberapa referensi dijelaskan bahwa talang emas Kabah merupakan bangunan yang dibuat oleh kaum Quraisy di tahun ke-35 setelah Nabi Muhammad lahir atau 5 tahun ketika Nabi Muhammad belum diangkat menjadi Nabi dan Rasul. Saat ini jika hujan turun, banyak jamaah umroh dan haji berebut " ngalap berkah" di bawah talang emas Kabah.

Dulu bangunan Kabah bentuknya terbuka tidak seperti sekarang. Kemudian oleh kaum Quraisy diadakan pembangunan dengan menutup atap Kabah degan dua lapis atap. Pada atap bagian atas berlapis dengan marmer putih yang dikelilingi pagar tembok yang menyatu dengan tembok pada Kabah dengan tinggi 80 cm. Kemudian di atasnya menancap kayu-kayu kokoh sebagai tempat mengikat tali Kiswah.

Di atap juga terdapat pintu dari besi baja dengan ukuran 1,27 m x 1 m untuk memudahkan petugas naik turun ke atas guna mencuci dan membersihkan Kabah. Talang emas Kabah yang sekarang ini adalah yang ke-12 sejak pertama dibangun oleh kaum Quraisy.

Talang emas Kabah dibangun oleh Kesultanan Turki Utsmani yaitu Sultan Abdul Majid Khan di Konstatinopel/Istanbul. Kemudian disempurnakan oleh Raja Fadh bin Abdul Aziz dengan penambahan paku-paku di atasnya. Sekarang talang emas Kabah mempunyai panjang 1,96 meter, tinggi 23 cm, dan memiliki lebar 26 cm. Talang ini dibuat dari tembaga berlapis emas sehingga disebutlah sebagai talang emas Kabah.

Bagi jamaah yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun umroh, dan berada di sekitar Kabah, maka talang emas Kabah ada di Hijr Ismail. Keutamaannya menurut para ulama Salaf yaitu jika berdoa di bawah Mizab itu merupakan doa yang mustajab.

Hasanah Tour Travel 30 September 2018, 11:52