Takut Naik Pesawat? Berikut Tips Mengatasinya

Takut Naik Pesawat? Berikut Tips Mengatasinya



Bepergian ke satu tempat ke tempat lainnya, menjelajahi sebuah negara bahkan dunia adalah impian dari banyak orang. Mengetahui banyak pengetahuan yang baru pada setiap perjalanan menjadi hal yang menyenangkan dan sebuah kenangan yang mengesankan.

Melakukan perjalanan jauh sekali-kali memang sangat dibutuhkan, karena dapat menjadi terapi, agar mood tetap dalam keadaan yang baik. Akan tetapi, ada beberapa orang yang kurang nyaman bepergian jauh. Apalagi kalau naik pesawat.

Banyak orang yang merasa cemas berlebihan saat naik pesawat, sehingga membuat perjalanan kurang menyenangkan. Untuk itu, ada tips untuk mengatasi rasa tersebut.

Berikut 5 tips untuk mengatasi rasa takut naik pesawat :

Hindari memilih waktu penerbangan di malam hari

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut Anda saat melakukan perjalanan udara adalah dengan memilih waktu penerbangan saat pagi dan siang hari. Waktu ini terbilang tepat, karena langit masih dalam keadaan yang cerah.


Biasanya hal yang membuat orang-orang takut naik pesawat adalah keadaan langit yang buruk dan terlalu gelap. Oleh karena itu, jangan memilih waktu penerbangan di malam hari.

Sebelum waktu keberangkatan, usahakan untuk tidur dengan cukup

Untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman saat naik pesawat, Anda dapat mengatasi dengan tidur yang cukup. Dengan istirahat yang baik akan menghindari rasa cemas yang berlebihan.

Usahakan sebelum keberangkatan, jangan melakukan begadang. Cukupkan waktu selama 7-8 jam untuk istirahat. Keesokan paginya, Anda akan bangun dengan rasa yang lebih tenang.

Usahakan datang ke Bandara lebih cepat dari waktu yang ditentukan

Dengan datang ke Bandara lebih awal akan membuka perasaan Anda lebih santai, sehingga tidak terlalu memikirkan perjalanan. Anda dapat beristirahat atau duduk di kafe bandara, serta ,mengakrabkan diri dengan suasana Bandara.

Hal ini akan berbeda, jika Anda terburu-buru datang ke Bandara karena keterlambatan check-in ataupun hal lain, karena akan membuat perasaan cemas Anda berlebihan.


Membawa benda ataupun hal lain untuk mengalihkan perhatian

Cara untuk mengatasi rasa takut naik pesawat adalah mengalihkan pikiran Anda dengan beda ataupun hal yang Anda sukai. Dengan begitu, perasaan akan lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan yang buruk.

Anda dapat membawa Al-Qur’an ataupun surat bacaan lainnya yang membantu untuk menenangkan diri. Sehingga pikiran Anda akan fokus terhadap satu hal tersebut.

Berdoa

Berdoa menjadi solusi yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Mengawali semuanya dengan berdoa akan mensugestikan diri bahwa akan baik-baik saja, sehingga perasaan akan lebih nyaman.


mysuper 29 July 2019, 15:55