5 Fakta Masjid Al-Aqsha Yang Harus Anda Ketahui !

5 Fakta Masjid Al-Aqsha Yang Harus Anda Ketahui !

Masjid Al-Aqsha memang berada di antara konflik Palestina dan Israel. Hal ini membuat pengunjung berfikir banyak untuk mengunjungi  Masjid ini. Tetapi  sahabat Hasanah tidak perlu ragu lagi untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha. Baca faktanya dulu yuk :
1. Masjid Utama di Dunia

Kubah pertama di dunia. Kubah di Dome of Rock dibangun Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Umayyah. Kubah ini disebut sebagai kubah pertama yang dibangun di dunia Islam. Mulanya, kubah Dome of Rock merupakan kayu yang dilapisi kuningan atau keramik. Namun, kemudian pada kekuasaan Turki Utsmani kubahnya diperbaiki dan bagian bawah dilapisi marmer sebagaimana yang tertera dalam buku Jerusalem: Satu Kota Tiga Iman. Di dalam Dome of Rock, ada batu yang diyakini sebagai tempat singgah Nabi Muhammad sebelum naik ke langit ketika Isra Mi’raj. 


2. Saksi Bisu Peristiwa Besar Bagi Umat Muslim

Masjid Al-Aqsha merupakan saksi bisu sebuah peristiwa besar bagi semua umat Muslim di dunia yaitu Isra Miraj. Pada dua perjalanan berbeda yang dilakukan selama semalam ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk jalankan salat lima waktu dalam sehari.

3. Kiblat Pertama Umat Islam

Sebelum ka’bah, kiblat pertama umat Muslim ternyata menghadap ke Masjid Al-Aqsha. Tak cuma karena Isra Mi’raj. Hal ini juga dimaksudkan agar umat Islam dapat beribadah dengan menghadap tempat yang suci dan bebas dari berbagai sesembahan.

Sebab, saat perintah salat pertama diturunkan, kondisi ka’bah memang masih dipenuhi dengan ratusan berhala. Perintah untuk mengubah arah kiblat ke Masjidil Haram akhirnya terjadi 16-17 bulan setelah Baginda Rasulullah hijrah ke Madinah.

4. Tempat Lahirnya Ihya Ulumuddin 

tempat kitab Ihya Ulumuddin ditulis.  Kitab Ihya adalah salah satu kitab paling terkenal dan berpengaruh dalam literatur Islam. Untuk sementara waktu, Al-Ghazali pernah tinggal di Masjidil Aqsa dan menulis kitab Ihya Ulumuddin. Sebuah bangunan di Masjidil Aqsa ditandai sebagai lokasi kamar dimana al-Ghazali melahirkan magnum opus-nya itu.

5. Kompleks Masjid yang Luas

Banyak yang mengira kalau Masjid Al-Aqsha adalah masjid berkubah emas atau Dome of Rock. Padahal Masjid Al-Aqsha merupakan sebuah kompleks yang cukup luas karena ada beberapa masjid lain yang ada di sana. Selain Dome of Rock ada pula Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Posisi Masjid Al-Aqsha yang diperjuangkan oleh umat Muslim Palestina adalah yang lokasinya yang berada dekat dengan tembok ratapan.

mysuper 19 November 2019, 13:34