-->

Berapakah Biaya Naik Haji Plus Langsung Berangkat? Cek Disini

Berapakah Biaya Naik Haji Plus Langsung Berangkat? Cek Disini

Di Indonesia, ada dua pilihan untuk mendaftarkan ibadah haji, yaitu haji reguler dan haji plus. Jika pada haji reguler Anda mendapatkan biaya yang terjangkau tapi jadwal keberangkatan bisa mencapai belasan tahun, dengan mengalokasikan biaya naik haji langsung berangkat di haji plus Anda bisa berangkat dalam waktu 5-7 tahun.

Namun, tentu saja biaya naik haji tanpa antri di haji plus bisa tiga kali lipat dari biaya haji reguler. Lalu, berapakah biaya untuk naik haji plus langsung berangkat dan fasilitas yang akan didapat?

 

Biaya Haji Plus

Dengan beberapa fasilitas yang didapat, berapa harga naik haji plus di Indonesia? Dengan adanya Keputusan Presiden tentang BPIH atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, biaya haji plus adalah sekitar USD 8.500 - USD 9.000 atau setara dengan seratus dua puluh satu juta rupiah hingga seratus dua puluh delapan juta rupiah.

Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya lainnya, seperti biaya pembuatan paspor serta dokumen lainnya, perlengkapan untuk jemaah haji, kelebihan pada bagasi, biaya vaksin, acara yang diikuti di luar program, pengeluaran pribadi, dan biaya denda haji atau dam.

Biaya naik haji langsung berangkat di haji pus tentu saja jauh lebih besar dibandingkan dengan haji reguler, Perbedaannya bisa mencapai tiga kali lipat. Namun, dengan jadwal keberangkatan yang lebih cepat, yaitu hanya sekitar 5-7 tahun serta fasilitas terbaik yang didapat sudah sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

 

Fasilitas Haji Plus

Karena biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar haji plus cukup besar, fasilitas yang didapatkan juga sebanding. Selain mendapatkan fasilitas antre keberangkatan yang cukup cepat, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain yang sedikit berbeda dibandingkan dengan haji reguler.

Berikut adalah fasilitas yang didapat dengan biaya naik haji langsung berangkat di haji plus:

perbedaan fasilitas haji plus dan haji reguler
1. Penginapan dan Penerbangan

Pada haji reguler penginapan yang disediakan merupakan hotel yang ditentukan sesuai dengan kloter dan dibagi sesuai dengan wilayah oleh pemerintah dengan jarak menuju ke Masjidil Haram mencapai 3-5 km.

Dengan biaya naik haji langsung berangkat di haji plus, Anda akan disediakan hotel bintang 5 yang terletak di depan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dan tiap kamarnya bisa diisi maksimal 4 orang dan ada juga beberapa pilihan paket lainnya, yaitu untuk 2 atau 3 orang.

Sedangkan untuk penerbangan, haji reguler harus melalui transit terlebih dahulu di Jeddah atau Madinah. Di haji plus tidak ada transit sama sekali atau hanya satu kali transit saja.

2. Lama Pelaksanaan Ibadah Haji

Lama pelaksanaan ibadah haji biasanya sekitar 40 hari untuk haji reguler yang dihitung mulai waktu keberangkatan hingga pulang. Haji reguler ini juga dibagi menjadi dua gelombang, yakni Madinah dan Mekah.

Sedangkan untuk pelaksanaan haji plus hanya sekitar 26 untuk kelompok Arbain di Masjid Nabawi dan Non Arbain hanya sekitar 15-19 hari. Selain itu, anggota jemaah di haji plus juga lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok jemaah di haji reguler.

3. Layanan Tenda

Pada saat melaksanakan ibadah haji di Arafah dan Mina, anggota jamaah haji plus bisa mendapatkan fasilitas tenda yang bagus, ac dan alas kasur. Sedangkan pada haji reguler semua fasilitas yang didapat sama hanya saja tidak mendapatkan alas kasur melainkan karpet atau alas biasa.

Meskipun terdapat perbedaan kecil pada layanan tenda antara haji reguler dan haji plus, tetapi pelayanan tenda haji reguler sudah cukup nyaman untuk melaksanakan ibadah haji.

 

Cara Daftar Haji Plus

Untuk mendaftar ibadah haji plus, calon jemaah harus mendapatkan nomor porsi ONH Plus dengan langkah-langkah berikut:

  1. Calon jemaah terlebih dahulu menyetorkan tabungan haji plus minimal USD 5.000 untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus.
  2. Jika sudah didapatkan, serahkan persyaratan lainnya kepada agen perjalanan ibadah haji pilihan Anda.
  3. Tunggu jadwal keberangkatan secara online di situs resmi dengan memasukkan nomor porsi ONH Plus yang didapat.
  4. Jika jadwal sudah muncul calon jemaah dapat melakukan persiapan lainnya, seperti manasik haji, fisik dan pelunasan biaya.

 

Penutup

Dengan fasilitas dan biaya naik haji langsung berangkat di haji plus yang disebutkan di atas, apakah Anda tertarik untuk mendaftar ibadah haji plus dibandingkan dengan haji reguler? Terlepas dari program haji apa saja yang diikuti, pastikan bahwa agen perjalanan ibadah haji yang dipilih terpercaya.

Hasanah Tours & Travel 17 May 2022, 10:10