4 Jajanan Populer di Mekah-Madinah Favorit Jamaah Indonesia

4 Jajanan Populer di Mekah-Madinah Favorit Jamaah Indonesia

Mekah dan madinah merupakan tujuan ibadah haji dan umroh, serta wisata religi. Tetapi mekah dan madinah ternyata memiliki penawaran yang baru. Salah satunya, kuliner. Ya, siapa sangka mekah dan madinah adalah surganya kuliner halal nan lezat. Di kota ini ada banyak jajanan populer yang menggugah selera.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi favorit jamaah umroh Indinesia apa saja itu? Daripada penasaran, lihat saja !

1. Shawarma atau Kebab

Jajanan satu ini sudah cukup populer di Indonesia ya. Di Indonesia disebut Kebab, tapi di Mekah dan Madinah dikenal dengan nama Shawarma.

Tapi wujud Shawarma di Mekah dan Madinah agak berbeda dengan yang ada di Indonesia. Karena, akan ditambahkan dengan potongan kentang goreng atau rebus di dalamnya. Sehingga ukurannya pun lebih besar.

Isian yang digunakan pun lebih beragam. Mulai dari daging kambing, sapi, ayam, ikan hingga kerang. Nah, soal harga bergantung pada variasi isi. Kedai Shawarma bisa dijumpai di dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan harga Shawarma termurah berkisar antara 5 SAR hingga 30 SAR.

2. Restoran Al Baik

Tak cuma populer di kalangan warga Saudi, restoran satu ini juga kerap didatangi jamaah umroh dari berbagai negara. Al Baik adalah sebuah restoran siap saji asli milik Arab Saudi.

Pertama kali dibuka pada 1974, restoran ini diluncurkan demi menahan gempuran waralaba kuliner milik negara barat. Dan terbukti, Al Baik berhasil eksis hingga kini. Bahkan sekarang sudah memiliki 51 cabang. Beberapa di antaranya terletak di dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Cita rasa ayam dan produk olahan yang sangat lezat menjadi ciri dan andalan utama Al Baik. Restoran ini selalu dipenuhi pengunjung lho. Bahkan jamaah umroh dan haji sampai rela antre.

3. Falafel

Jajanan satu ini tak kalah populer. Falafel terbuat dari adonan kacang atau buncis yang digoreng dan memiliki cita rasa pedas. Kemudian ditambahkan topping sayuran seperti acar, salad, dan saus pilihan.

Falafel biasanya disajikan di dalam roti pipih serupa pita yang dinamakan lafa. Saat bulan Ramadan, Falafel ini jadi makanan utama untuk berbuka puasa. Satu set sajian makanan Iftar, termasuk Falafel di dalamnya, akan dihidangkan sebagai pembatal puasa setelah azan Magrib berkumandang di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

4. Mutabbaq

Mutabbaq juga sangat populer di kalangan jamaah haji dan umroh dari Indonesia. Mutabbaq merupakan roti goreng yang berisi adonan daging cincang, telur, tomat, bawang, peterseli, dan jalapeno papper serta dibumbui ringan. Jajanan satu ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan.

Nama Mutabbaq sendiri berarti dilipat. Di Indonesia, ada juga salah satu jajanan sejenis yang populer yakni Martabak. Nama Martabak mungkin mengambil inspirasi dari Mutabbaq.

Sumber : (travel.dream.co.id)

Hasanah Tour Travel 30 September 2018, 10:40