8 Tips Jaga Kesehatan Saat Umroh

8 Tips Jaga Kesehatan Saat Umroh

Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan jika ingin menunaikan ibadah umroh, mulai dari materi, mental hingga kesehatan, jangan sepelekan masalah kesehatan ini kebiasaan kebiasaan yang anda lakukan selama di Indonesia belum tentu cocok dengan cuaca atau iklim di Tanah Suci.

Hasanah Tours telah merangkum 8 Tips Jaga Kesehatan Selama Umroh

1. Selalu Gunakan Masker
Penggunaan masker merupakan langkah pencegahan penyebaran virus dari tubuh kamu terhadap jamaah lain ataupun sebaliknya. Salah satu penyakit yang sering dirasakan saat ataupun setelah pulang dari tanah suci adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan). Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan masker ketika bepergian keluar ya bunda, kecuali sedang berniat ihram.

2. Rutin Cuci Tangan
Tangan merupakan salah satu sarang virus dan bakteri. Rutin mencuci tangan merupakan salah satu bentuk pencegahan virus dan kotoran memasuki tubuh kita. Jika ada peluang pergi ke toilet, ambil wudhu ataupun sekedar membersihkan tangan. Fasilitas toilet di hotel dekat masjidil haram dan masjid-masjid yang ada di tanah suci banyak yang menyediakan sabun cair pembersih tangan.

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Air Zam-Zam
Rebdahnya tingkat kelembaban udara di Kota suci Mekkah dan Madinah mengakibatkan jamaah umroh dan haji yang sedang berada di kedua kota suci itu gampang sekali terkena dehidrasi. Minum minimal 2 liter air putih selain akan menjaga keseimbangan cairan tubuh juga dapat mengurangi risiko jet lag pasca penerbangan umroh. Hindari mengkonsumsi air dingin ya Karena ini akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

4. Jamaah yang sudah menderita penyakit tertentu di Tanah Air tetap mengonsumsi obat yang biasa digunakan
Bagian yang ini penting banget, buat jamaah umroh yang punya penyakit tertentu sebaiknya ke dokter dulu sebelum berangkat, dan bisa meminta saran ke dokter untuk mendapatkan obat yang bisa di konsumsi nantinya

5. Jaga Pola Makan
Memang banyak ditemukan gejala lelah dan rasa makanan yang nggak sesedap saat di rumah membuat kita kehilangan nafsu makan. Namun hal ini nggak boleh dijadikan alasan untuk nggak makan. Karena pola makan yang kita jaga akan berpengaruh di semangat dan tenaga kita dalam beribadah. Tapi jangan berlebihan juga. Selain itu perhatikan juga kandungan nutrisi dan gizi. Perbanyak konsumsi buah & sayur yang berserat dan susu dan vitamin jangan sampai lupa ya.

6. Jaga Pola Istirahat & Tidur
Sahabat Hasanah mesti menjaga keteraturan pola tidur dan istirahat. Jangan terlampau memaksakan diri, terutama pada tahap awal beribadah umroh. Sebab nantinya menjelang kepulangan stamina tubuh bakal drop dan menimbulkan gejala sakit. Tentu saja hal ini bakal berpengaruh pada kelancaran rangkaian perjalanan ibadah umrohkita.

7. Bawa Sun-block dan Pelembab Bibir
Sun-block & pelembab bibir ini akan melindungi kulit dan bibir dari panasnya sengatan matahari secara langsung. Karena kelembaban udara yang rendah dan terik matahari yang menyengat gampang sekali menyebabkan kulit dan bibir pecah-pecah, Jadi 2 item ini penting ya. Walaupun di toko oleh-oleh banyak tersedia, alangkah baiknya kalau kita bisa membawanya dari rumah.

8. Segera lapor kepada petugas bila mengalami gangguan kesehatan
Nah, jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti mengalami gangguan kesehatan, jangan ragu untuk lapor ke petugas ya. Agar langsung mendapatkan pertolongan yang tepat. Dan pastinya, selalu berdoa ke Allah agar dilancarkan umroh kita dan diberi kesehatan untuk menjalaninya. Aamin.

Hasanah Tours Travel 04 March 2019, 11:17