-->

Ingin Umroh Bawa Bayi? Cek Biaya Umroh Anak Dibawah 1 Tahun Ini

Ingin Umroh Bawa Bayi? Cek Biaya Umroh Anak Dibawah 1 Tahun Ini

Setiap orang tua pasti ingin mengajak buah hatinya pergi menjalankan ibadah haji atau umroh, sehingga tidak sedikit yang bingung dengan detail biaya umroh anak dibawah 1 tahun. Pergi ke tanah suci bersama anak dan istri memang menjadi impian sebagian orang.

Jadi tidak ada salahnya jika mulai merencanakannya dari sekarang, untuk itu Anda harus mempersiapkan dana yang cukup. Agar dana yang disiapkan lebih dari cukup, sebaiknya pahami rincian biaya umroh untuk anak di bawah 1 tahun terlebih dulu.

 

Biaya Umroh Anak Dibawah 1 Tahun 2022

Hal pertama yang harus Anda ketahui ketika hendak mengajak buah hati pergi umroh yaitu biaya yang harus dikeluarkan. Sebenarnya biaya umroh anak kecil cukup bervariasi dan tergantung dengan pihak travel umroh yang Anda pilih.

Secara umum pihak travel umroh akan memberikan diskon sebesar 5 hingga 15 persen untuk biaya umroh anak berusia 1 hingga 24 bulan (2 tahun). Jadi biaya umroh anak di bawah 1 tahun lebih murah di bandingkan anak di atas 2 tahun.

Pasalnya biaya umroh anak kecil di atas 2 tahun akan dikenakan tarif yang sama seperti biaya orang dewasa, tanpa ada potongan diskon. Perlu Anda tahu besaran potongan diskon untuk anak di bawah 1 tahun di setiap travel umroh berbeda-beda.

Perbedaan besaran diskon yang ditawarkan masing-masing travel umroh tersebut, dipengaruhi oleh diskon pada tiket pesawat dan biaya penginapan  untuk anak-anak. Tentunya masing-masing travel umroh menggunakan maskapai penerbangan dan hotel yang menawarkan diskon berbeda-beda.

 

Tips Pergi Umroh Bersama Si Kecil

Ketika Anda berencana mengajak si kecil pergi umroh, Anda tidak hanya harus memperhatikan biayanya saja. Tapi juga perhatikan kondisi fisiknya agar tidak terjadi hal buruk saat berada di tanah suci nanti.

Meskipun biaya umroh anak kecil terbilang lebih terjangkau, bukan berarti Anda mengabaikan hal-hal penting saat mengajaknya. Sebaiknya lakukan tips-tips berikut agar anak tetap aman dan nyaman saat pergi umroh bersama Anda:

1. Pilih Jadwal yang Tepat

Seperti yang Anda tahu suhu di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia, jadi sebaiknya pilihlah jadwal yang tepat agar anak tidak terlalu merasa kepanasan. Akan lebih baik jika memilih jadwal umroh di awal atau akhir tahun.

Pasalnya pada pertengahan tahun terutama di bulan Juni dan Juli, cuaca di sana sangat panas. Supaya anak Anda tidak mengalami dehidrasi akut dan bisa ikut pergi umroh dengan nyaman dan aman, pilihlah keberangkatan di bulan Desember atau Januari.

2. Persiapkan Kondisi Fisiknya

Kondisi fisik anak merupakan hal yang harus diprioritaskan, jangan memaksa mengajaknya melakukan ibadah umroh saat kondisinya lemah. Oleh karena itu sebelum berangkat, sebaiknya cek kesehatan buah hati Anda ke dokter anak lebih dulu.

Akan lebih baik lagi jika memberikan vaksin sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini wajib dilakukan karena menyangkut dengan kesehatan si kecil, pemberian vaksin bertujuan agar ia tidak mudah terserang penyakit saat berada di tanah suci.

3. Siapkan Perlengkapan Si Kecil dari Jauh-jauh Hari

Jika si kecil masih dalam masa menyusui dan membutuhkan MPASI, tentunya mau tidak mau Anda harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Beberapa contoh perlengkapan yang akan dibutuhkan anak saat pergi umroh bersama Anda yaitu:

  1. Peralatan makan anak
  2. Alat pembuat MPASI
  3. MPASI instan
  4. Gendongan
  5. Stroller
  6. Alat pompa ASI
  7. Botol susu
  8. Susu formula
  9. Pampers dan lainnya

Membawa anak pergi umroh memang sedikit merepotkan yang mana Anda harus membawa perlengkapan tersebut. Namun, tidak ada salahnya dilakukan bisa jadi hal tersebut menjadi momen yang tidak terlupakan bersama keluarga kecil Anda.

Sebaiknya siapkan semua perlengkapan di atas dari jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan tiba. Jika perlu siapkan tas khusus untuk menyimpan kebutuhan perlengkapan si kecil.

4. Manfaatkan Fasilitas in Flight Entertainment Saat di Perjalanan

Durasi terbang ke Arab Saudi memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 9 jam. Jika maskapai penerbangan yang Anda tumpangi memiliki fasilitas in flight entertainment, sebaiknya dimanfaatkan untuk menghibur si kecil supaya ia tidak bosan dan jenuh saat di perjalanan.

Karena sebagian besar anak cenderung rewel dan suka menangis saat merasa bosan atau terlalu lama di perjalanan.  Jika perlu bawalah buku dan mainan favoritnya agar ia lebih nyaman saat diperjalanan.

 

Penutup

Jadi itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan saat mengajak di kecil pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh. Dari penjelasan di awal bisa diketahui bahwa biaya umroh anak di bawah 1 tahun mendapatkan potongan harga mulai dari 5 hingga 15 persen.  

Hasanah Tours & Travel 19 April 2022, 09:20