Disunnahkan Bersiwak Dalam Keadaan Berikut

Disunnahkan Bersiwak Dalam Keadaan Berikut

Disunnahkan untuk Bersiwak di 6 Keadaan Berikut

Ada benda yang tidak pernah di tingalkan oleh Rasulullah SAW. Benda apa itu?
Ya, siwak. Siwak adalah potongan kayu dari pohon arak yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari kotoran. Karena mudah di dapatkan dan harganya cupuk mudah, siwak menjadi amalan sunnah yang bisa kita lakukan. Jadi kapan waktu yang tepat untuk bersiwak?

1. Ketika Hendak Wudhu
Sebelum berwudhu, hendaknya seseorang bersiwak terlebih dahulu. Anjuran akan bersiwak ini dijelaskan dalam sebuah hadist,

“Seandainya aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Ahmad 2/400, Malik dalam Al-Muwaththa` no. 143 dengan Syarh Az-Zarqani.)

2. Ketika Akan Sholat
Saat hendak melakukan sholat baik fardhu maupun sunnah, disunnahkan seorang muslim untuk bersiwak terlebih dahulu. Hal ini salah satunya adalah untuk menjaga munculnya aroma tidak sedap dari mulut seseorang yang sedang sholat.

Selain itu, menurut mayoritas ulama, sholat 2 rokaat dengan bersiwak dinilai setara dengan sholat 70 rokaat tanpa bersiwak.

3. Ketika Masuk Rumah
Salah satu waktu dimana kita dianjurkan bersiwak adalah saat memasuki rumah. Rasulullah SAW terbiasa untuk bersiwak terlebih dahulu setelah masuk ke dalam rumah. Seperti yang tertera di hadits berikut,

“Apa yang mulai Nabi lakukan apabila beliau masuk rumah?” Aisyah menjawab: ‘Beliau mulai dengan bersiwak’.” (HR. Muslim)

4. Ketika Bangun di Tengah Malam
Bersiwak juga dianjurkan untuk dilakukan saat terbangun dari tidur di tengah malam. Seperti yang kita ketahui, saat bangun dari tidur biasanya ada perubahan aroma dari mulut. Bau tidak sedap kerap muncul mengganggu. Nah, dengan bersiwak aroma itu bisa diatasi seketika.

Selain itu, saat terbangun di tengah malam seorang muslim dianjurkan untuk melakukan sholat tahajud. Jadi tentunya bersiwak ini bisa dilakukan sekalian mengambil wudhu. Jangan lupa untuk kembali bersiwak saat sebelum melakukan sholat.

5. Ketika Hendak Baca Al Quran
Membaca Al –Qur’an tentunya mempunyai adab yang harus dilakukan. Karena saat membacanya, kita membaca firman Allah SWT. Salah satu dari beberapa yang ada ialah membacanya dalam keadaan yang suci dari hadas dan najis. Nah, sebagai kegiatan yang juga bersifat mensucikan, bersiwak dianjurkan untuk dilakukan sebelum seseorang membaca Al –Qur’an.

6. Ketika Bau Mulut
Tentunya saat aroma mulut berubah, setiap orang jadi hilang rasa percaya dirinya. Bahkan kadang saking baunya, seseorang enggan untuk berbicara walau cuma sekata dua kata. Untuk itu saat bau mulut datang, siwak bisa mengatasinya. Kandungan flouride yang ada di dalam kayu arak akan menjadi obat dari bau mulut yang Anda alami. Selain itu, jika diniatkan sebagai ibadah, maka kegiatan bersiwak yang dilakukan bisa berbuah pahala.

mysuper 03 July 2019, 15:37