Jangan Lupa Sholat Dhuha, Biar Sehat dan Rezeki Lancar

Jangan Lupa Sholat Dhuha, Biar Sehat dan Rezeki Lancar



Sholat dhuha walapun tidak wajib ternyata ada banyak keutamaan yang sayang jika melewati sholat dhuha. Apa saja keutamaannya ?

1. Diampuni Dosa – Dosanya
Rahmat dan ampunan Allah SWT itu sangat luas, dan banyak cara untuk mencapainya. Salah satunya adalah dengan mendirikan sholat Dhuha. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,


“Siapa yang membiasakan sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan” Riwayat At - Tirmidzi dan Ibnu Majah


2. Masuk Surga
Mendirikan sholat Dhuha juga ‘mungkin’ bisa menjadi alasan seseorang masuk surga lho. Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa ada sebuah pintu surga yang bernama Ad Dhuha yang disiapkan untuk mereka yang senantiasa mendirikan sholat Dhuha.



Hanya saja ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa hadits ini dhaif (lemah) dan belum tentu benar adanya. Wallahu a’lam.



3. Terhindar dari Golongan Orang yang Lalai
Tentunya sebagai orang yang ingin mendapatkan Rahmat dari Allah SWT, kita semua tidak ingin dianggap sebagai orang yang lalai dalam berusaha. Nah, dengan mendirikan sholat Dhuha, kita akan dihindarkan dari golongan orang – orang yang lalai tersebut. Seperti sabda Rasulullah SAW berikut :



“Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai,” HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i



4. Bentuk Sedekah Untuk Diri
Dalam tubuh manusia, kurang lebih terdapat sekitar 360 persendian yang harus disedekahi. Sedekah yang dimaksud di sini bukanlah sedekah harta, namun sedekah berupa amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sholat Dhuha 2 rokaat.


Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap sendi tubuh dari setiap orang diantara kalian harus disedekahi setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) itu sama dengan satu sedekah,  mengucapkan satu kali tahmid (Alhamdulillah) itu sama dengan satu sedekah, mengucapkan satu kali tahlil (Laa ilaha illallah), itu sama dengan satu sedekah, mengucapkan satu kali takbir (Allahu akbar), itu sama dengan satu sedekah, dan mencegah satu kali kemungkaran, itu sama dengan satu sedekah. Kesemuanya itu bisa dicukupi dengan mengerjakan dua rokaat shalat dhuha” (HR Muslim, Abu Dawud)



5. Dicukupi Kebutuhannya oleh Allah SWT
Yang terakhir adalah dicukupinya kebutuhan mereka yang mendirikan sholat Dhuha oleh Allah SWT. Allah SWT akan mencukupi hambanya yang melakukan sholat dhuha hingga sore hari tiba. Gak perlu khawatir lagi deh, karena Allah telah menjanjikan kita dengan mencukupkan kebutuhan kita setelah kita melaksanakan Sholat Dhuha.

mysuper 08 July 2019, 13:23