5 Keutamaan Bangun Subuh dalam Islam

5 Keutamaan Bangun Subuh dalam Islam

Bangun subuh adalah kegiatan yang di anjurkan dalam islam lalu apa saja keutamaan bangun subuh itu ?

Sayangnya masih banyak orang yang belum terbiasa bangun subuh karena berbagai alasan, padahal banyak sekali keutamaan di dalamnya. Lantas apa saja keutamaan bangun subuh dalam Islam?

1.    Malaikat Mendoakan Orang di Saat Subuh
Rasulullah bersabda, “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: ”Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: ”Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaqun’alaih)

2.    Bangun Subuh Kemudian Shalat akan membuat Kamu Bersemangat dan Gembira
Rasul bersabda, “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

3.    Waktu Dibukanya Pintu Rezeki
Ketika Rasulullah pulang dari shalat subuh dari Masjid Nabawi dan mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda: ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari. ” (H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi)

4.    Mendapatkan Ampunan dari Segala Dosa
Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang memasuki pagi hari, ia tidak berniat mendzalimi seseorang, maka diampuni baginya terhadap segala dosa. Dan siapa saja yang memasuki pagi hari berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi keperluan orang Islam, maka baginya pahala seperti pahala Haji mabrur. ” (Hadits dikutip dalam kitab Nashoihul ‘Ibad, karya Syaikh Nawawi)

5.    Mendapatkan Berkah Dari Allah
Rasulullah bersabda, “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka” (HR Ath Thabrani dalam Al Ausath) dan “Dua rakaat shalat subuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya”. (HR Muslim – Ahmad)

Perintah Beribadah di Waktu Subuh
Dalam Al-Quran terdapat berbagai ayat yang menganjurkan umat Islam untuk bangun subuh dan beribadah.

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang - orang yang lalai.” (QS. Al A’raaf ayat 205)

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Israa’ ayat 78)

“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang,” (QS. Thaahaa ayat 130)

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Al Mu’min ayat 55)

“Bertasbih kepada Allah di masjid - masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang,” (QS. An Nuur ayat 36)

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).” (QS. Qaaf ayat 39)

mysuper 18 October 2019, 13:25