7 Hal yang bisa membantu mengorganisir umrah pertama-mu

7 Hal yang bisa membantu mengorganisir umrah pertama-mu

Bicara tentang umrah, ibadah yang satu ini mampu menghapus stigma bahwa hanya orang-orang golongan menengah ke atas saja yang bisa mengunjungi Tanah Suci. Umrah kini bisa dilakukan semua kalangan karena adanya beragam kemudahan harga yang ditawarkan oleh agen travel.

Nggak mesti nunggu bertahun-tahun dan umur udah senja untuk umrah karena untuk ibadah ini bisa dilakukan kapan saja. Kemudahan dan fasilitas beragam ini membuat umrah menjadi gaya hidup masyarakat urban sekarang ini.

Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan umrah, pasti pada bingung, ya. Apa sih yang mesti dilakukan pertama kali?

BERIKUT ADALAH 7 HAL YANG BISA MEMBANTU KAMU MENGORGANISIR DENGAN BAIK UNTUK UMRAH PERTAMAMU.



1. Siapa saja yang pergi?

Ini, hal pertama yang perlu dipastikan. Banyaknya orang akan memengaruhi jenis umrah dan budget yang mesti disediakan.

Kalau udah fix berapa banyak yang akan berangkat, lanjut ke nomor dua.


2. Ketahui jenis paket umrah

Pasti banyak yang nggak tau bahwa umrah itu memiliki beberapa jenis paket. Ada tiga jenis paket umrah yang mesti diketahui untuk memudahkan menentukan harga.

  • Jenis paket umroh berdasarkan kapasitas kamar hotel

Jadi, untuk kamar hotel disediakan tiga tipe : double, triple, quard. Nah, untuk harganya pun berbeda tiap kamarnya.

  • Jenis paket umroh berdasarkan waktu keberangkatan

Untuk waktu keberangkatan, ada beberapa alternatif ditawarkan oleh agen travel seperti

  1. Reguler, sebulan setelah musim haji dan biasanya dilakukan selama 9 hari.
  2. Saat bulan ramadan.
  3. Lailatul Qadr, dilakukan pada akhir ramadan.
  4. Plus wisata, ada penambahan perjalanan wisata setelah ibadah umrah selesai. Misalnya, plus Dubai, plus Turki, plus Kairo.
  5. Liburan sekolah, biasanya sewaktu liburan sekolah di bulan Juni – Agustus.
  • Jenis paket umrah berdasarkan biaya

Sedangkan untuk biaya ada paket umrah murah dibawah $1900 atau setara 19 juta, paket standar mulai $2000-2400, paket VVIP di atas $2500.


3. Memilih agen travel umrah yang terpercaya

Sekarang ini agen travel umrah tumbuh subur di mana-mana. Untuk pemula pastinya hal ini bikin bingung, ya. Agar nggak salah pilih, tiga hal yang mesti diperhatikan seperti, agen travel tersebut sudah terdaftar di Kementrian Agama, lihat track record dan hati-hati apabila ada agen yang menawarkan paket di bawah 19 juta.

Biasanya nih biar nggak repot kita sering bertanya ke saudara, tetangga atau teman yang sudah pernah umrah untuk memberikan rekomendasi. Atau googling hingga cek di Instagram.

Apabila masih kurang percaya, kamu bisa mencoba lihat-lihat harga atau informasi lain pada layanan marketplace umrah


4. Siapkan budget

Poin ini emang penting karena tanpa ini kamu mah nggak bisa berangkat.

Ketika kamu sudah menentukan jenis paket, yang perlu dilakukan adalah menyediakan budget tambahan. Budget ini untuk pegangan kamu selama berada di sana. Entah itu untuk makan, beli oleh-oleh, dll.

Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.


5. Lengkapi administrasi

Kelengkapan administrasi ini penting demi kelancaran perjalanan. Paspor dan visa itu terutama. Kalau belum ada segera urus di kantor imigrasi untuk paspor. Sedangkan visa bisa minta bantuan agen travel untuk mengurusnya karena yang ini sedikit susah.

Jangan lupa juga kalau semua udah lengkap difoto copy untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilang, kecopetan, atau yang lain-nya.


6. Perbanyak informasi tentang hal-hal yang nggak boleh dilakukan selama di Mekkah dan Madinah

Ini sudah menjadi rahasia umum, ya. Karena beberapa waktu lalu pemerintah Arab Saudi dengan tegas mengeluarkan surat untuk seluruh negara yang isinya melarang swafoto atau selfie selama berada di Masjidil Haram. Hal ini juga berlaku di Masjid Nabawi.

Memang sih pengin banget, ya, mengabadikan momen berada di masjid ini tapi hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi orang lain dalam beribadah. Dan nggak perlu banget ya, insta story atau FB live selama berada di sana.

Jadi, baiknya ponsel itu disimpan dulu selama beribadah.


7. Jaga kondisi kesehatan

Terakhir dan nggak kalah penting, kamu mesti jaga kondisi kesehatanmu. Karena, kamu akan berada di negara yang cuacanya ekstrim dan akan melakukan ibadah yang cukup menguras energi.

Perbaiki pola makan dan mulailah berolahraga. Ini akan sangat membantu kondisi fisik kamu.


Gimana, ternyata merencanakan umrah yang pertama itu nggak sulit bukan? Semoga segala persiapan kamu dilancarkan ya. Dan tentunya jangan lupa berdoa agar segala urusan dimudahkan, diberi kesehatan dan kekuatan selama melakukan ibadah umrah.

Hasanah Tour Travel 06 January 2020, 10:01