-->

Apa Saja Syarat Buat Paspor Umroh Agar Perjalanan Umroh Anda Lancar?

Apa Saja Syarat Buat Paspor Umroh Agar Perjalanan Umroh Anda Lancar?

Paspor menjadi dokumen penting saat hendak bepergian ke luar negeri, terutama saat akan menjalankan ibadah umroh. Jika Anda belum berencana membuat paspor, sebaiknya ketahui syarat buat paspor umroh terlebih dulu sebelum mengurusnya.

Karena jika tidak mempersiapkan persyaratannya dari jauh-jauh hari, kemungkinan adanya kendala akan lebih besar yang terjadi karena tidak melampirkan dokumen persyaratan secara lengkap. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan berkas-berkasnya persyaratannya secara matang.

 

Syarat Buat Paspor Umroh Secara Umum

Di jaman serba modern seperti sekarang, pemerintah mulai memberlakukan sistem pembuatan paspor secara online. Terobosan ini dibuat pemerintah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus paspor, baik paspor kerja, wisata, maupun paspor umroh.

Lalu apa saja persyaratan pembuatan paspor umroh? Sebenarnya persyaratan tidak terlalu sulit, berikut ini beberapa hal yang harus Anda siapkan saat hendak membuat paspor umroh:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Lampirkan akte kelahiran, atau Ijazah, atau buku nikah pilihlah salah satunya
  4. Jika Anda melakukan perpanjangan paspor sertakan juga paspor yang sudah habis masa berlakunya

Selain menyiapkan dokumen di atas, Anda juga harus memperhatikan persyaratan tambahan pembuatan paspor umroh. Persyaratan tambahan tersebut yaitu nama Anda harus terdiri dari 3 suku kata, jika kurang dari 3 suku kata Anda bisa menambahkan nama ayah dan nama kakek.

Jadi itulah tadi beberapa syarat buat paspor umroh, mudah bukan? Nah, selanjutnya akan dibahas cara membuat paspor umroh dan kisaran biaya paspor umroh 2022.

 

Biaya Paspor Umroh dan Cara Mengurusnya

Setelah mengetahui apa saja dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membuat paspor umroh, kini selanjutnya Anda harus mengetahui cara membuat paspor umroh dan biaya paspor umroh 2022. Berikut ini detail biaya pembuatan paspor umroh biasanya dan e-paspor:

  • Biaya pembuatan paspor biasa sekitar Rp355 ribu, harga ini bisa berbeda di setiap daerah mengikuti kebijakan masing-masing pemerintah daerah.
  • Biaya pembuatan e-paspor sekitar Rp655 ribu, harga ini juga bisa berbeda di setiap daerah karena mengikuti kebijakan dari pemerintah daerah setempat.

Setelah Anda mempersiapkan biaya dan dokumen persyaratan pembuatannya secara lengkap, kini selanjutnya Anda bisa mulai mengurusnya secara online dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Langkah pertama Anda harus me-scan semua dokumen persyaratan yang sudah dipersiapkan, pastikan file soft copy persyaratan tersebut tidak lebih dari 1,8 MB.
  2. Kemudian kunjungi alamat website http://antrian.imigrasi.go.id/ atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi M-Paspor di smartphone Anda.
  3. Lalu buka aplikasi atau buka halaman utama website tersebut, kemudian buatlah akun dengan mengisi username, password, nama lengkap, NIK KTP, nomor handphone, alamat email, hingga alamat rumah secara lengkap.
  4. Setelah itu Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang disertakan sebelumnya untuk melakukan verifikasi.
  5. Selanjutnya login dengan akun baru Anda di website atau aplikasi tersebut dengan username dan password yang tadi Anda sertakan.
  6. Setelah itu pilih Kantor Imigrasi yang terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda, lalu isi data permohonan antrean pembuatan paspor umroh. Data yang harus diisi yaitu mulai dari tanggal, jam, dan jumlah antrean yang diinginkan.
  7. Setelah permohonan antrean pembuatan paspor umroh disetujui, maka Anda harus datang ke Kantor Imigrasi yang dipilih sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah diisi sebelumnya.

Jika Anda lokasi Kantor Imigrasi cukup dekat dengan lokasi rumah, Anda bisa langsung mengurusnya tanpa perlu melakukan pendaftaran secara online dengan mengikuti cara berikut:

  1. Bawalah semua dokumen persyaratan pembuatan paspor umroh secara lengkap dan membawa alat tulis.
  2. Sebaiknya gunakan pakaian atau atasan selain warna putih, karena background foto paspor menggunakan warna putih.
  3. Isi formulir pembuatan paspor umroh di dalam map berwarna kuning dengan lengkap dan benar.
  4. Selanjutnya petugas akan memanggil Anda sesuai dengan nomor antrean, kemudian serahkan semua dokumen kepada petugas.
  5. Proses selanjutnya petugas akan melakukan wawancara singkat dengan Anda.
  6. Tahap selanjutnya melakukan pengisian data ke sistem komputer, pemindaian sidik jari, dan sesi foto.
  7. Jika Anda sudah selesai melakukan sesi foto sudah, itu tandanya proses pembuatan paspor sudah hampir selesai.

Setelah proses tersebut Anda akan diberikan bukti pengambilan paspor dan instruksi cara pembayaran biaya pembuatannya oleh petugas. Bagaimana syarat buat paspor umroh mudah bukan? Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dengan mengikuti cara-cara di atas.

Hasanah Tours & Travel 12 May 2022, 09:20