Waktu Terbaik Untuk Pergi Umroh

Waktu Terbaik Untuk Pergi Umroh

Binggung nentuin waktu umroh, tak perlu khawatir yuk simak tipsnya berikut :

1. Bulan Ramadhan

Bisa dikatakan di bulan Ramadhan adalah waktu terfavorit dari jamaah untuk pergi umroh. Anda-pun pasti juga ingin merasakan bagaimana nikmatnya berpuasa di tanah kelahiran Rasulullah SAW. Dengan suasana bulan Ramadhan yang khidmat, ibadah umroh tentu akan terasa lebih khusyuk.

Selain itu dalam salah satu hadis disebutkan jika pahala umroh di bulan Ramadhan setara dengan pahala ibadah haji.

Rasulullah SAW bersabda,

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karenanya umroh di bulan Ramadhan pasti akan selalu padat oleh jamaah. Untuk Anda yang ingin pergi umroh di bulan ini pastikan Anda telah mendaftar paket umroh jauh – jauh hari. Karena di bulan favorit ini, segala biaya bisa naik berkali lipat.


2.Bulan Maret-Mei

Arab Saudi memiliki iklim yang sangat berbeda dengan tanah air. Di sana setidaknya ada dua musim yang sangat bertolak belakang. Yaitu musim panas yang suhunya bisa mencapai 45 derajat celcius, dan juga musim dingin yang suhunya bisa melebihi minus 3 derajat. Musim panas di tanah suci biasa terjadi pada bulan Maret hingga Agustus. Sedangkan musim dinginnya berlangsung di antara September hingga Februari.

Untuk menyikapi hal itu, Anda tak perlu risau. Di bulan Maret hingga Mei, cuaca di Arab Saudi tidaklah terlalu panas ataupun dingin. Sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk beribadah ke Tanah suci. Pada pagi hari di antara bulan tersebut tidak terlalu panas, sedangkan malam hari di bulan – bulan tersebut tidak terlalu dingin.

Kenyamanan dengan iklim sekitar tentunya akan berpengaruh terhadap fokusnya ibadah Anda. Oleh karenanya, Anda dapat merencanakan untuk pergi umroh di bulan – bulan ini.

3. Awal dan akhir Tahun

Di awal tahun masehi juga bisa Anda manfaatkan untuk pergi umroh. Anda bisa memotivasi diri Anda dengan menjadikan awal tahun Anda sebagai awal tahun yang dapat menuntun Anda ke jalan yang lebih baik. Sehingga dapat terus memicu semangat Anda untuk beribadah lebih baik lagi sepanjang tahun.

Di akhir tahunpun sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk beribadah umroh. Biasanya banyak jemaah yang ingin melewati pergantian tahun dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada awal dan akhir tahun ini cukup banyak peminat jemaah yang akan pergi umroh.

4. Menjelang dan setelah musim haji berakhir

Di sekitar bulan Syawal pada umumnya keadaan tanah suci jauh lebih lenggang daripada bulan – bulan lainnya. Begitu pula dengan saat musim haji telah berakhir. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk beribadah lebih nyaman tanpa berdesak – desakan dengan banyak jamaah lain. Tentunya hal ini akan membuat ibadah Anda lebih khusyu bukan?

Selain itu dengan suasana yang kondusif, Anda bisa berdoa di tempat – tempat mustajab seperti Maqam Ibrahim dan Hijr Ismail.

5. Saat musim liburan sekolah/ libur panjang

Anda ingin beribadah umroh bersama keluarga? Inilah waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Di saat anak – anak sedang menjalani liburan sekolah, Anda bisa mengajak mereka untuk beribadah sekaligus mengenalkan sejarah dari Rasulullah SAW.

Untuk melaksanakannya, Anda yang berstatus sebagai karyawan harus mengambil cuti untuk hal ini. Tapi dengan beribadah sekeluarga ke tanah suci, Anda dapat melaksanakan ibadah umroh sekaligus membangun quality time di tempat terbaik di muka bumi ini.

mysuper 10 July 2019, 09:32