-->

Cek Persyaratan Daftar Umroh Ini Sebelum Memutuskan Berangkat Umroh

Cek Persyaratan Daftar Umroh Ini Sebelum Memutuskan Berangkat Umroh

Daftar umroh bukanlah hal yang bisa dilakukan secara sembarangan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Sebelum Anda memutuskan untuk pergi umroh, sebaiknya ketahui lebih dulu rincian persyaratan daftar umroh secara lengkap, agar bisa berjalan lancar dan tidak memakan waktu lama.

Jadi tidak hanya biaya saja yang harus disiapkan, Anda juga perlu melengkapi beberapa dokumen pendukung untuk melakukan pendaftaran. Jika Anda masih belum tahu apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan, sebaiknya simak pembahasan kali ini hingga akhir.

 

Detail Persyaratan Daftar Umroh 2022

Cara daftar umroh 2022 agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi, jadi Anda harus mendapatkan informasi lengkap mengenai persyaratan terbarunya. Untuk itu sebaiknya simak beberapa persyaratan umroh 2022 berikut agar proses pendaftaran bisa berjalan tanpa kendala:

1. Berusia 18 Hingga 60 Tahun

Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan, terhadap usia para jamaah yang melakukan ibadah umroh di negaranya. Minimal usia jamaah yaitu 18 tahun sementara untuk usia maksimalnya yaitu 60 tahun.

2. Tidak Mempunyai Penyakit Komorbid

Sebelum memutuskan berangkat ibadah umroh, sebaiknya pastikan kondisi kesehatan tubuh Anda terlebih dulu. Karena persyaratan selanjutnya jamaah tidak boleh memiliki penyakit Komorbidatau penyakit penyerta untuk melakukan ibadah umroh.

3. Menandatangani Surat Pernyataan

Persyaratan selanjutnya yang harus Anda penuhi, yaitu menyetujui dan menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain, terhadap risiko yang ditimbulkan akibat adanya Covid-19.

4. Bukti Bebas dari Paparan Covid-19

Persyaratan utama yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu bukti yang menyatakan bahwa Anda telah bebas dari Covid-19. Dengan memberikan hasil tes PCR atau tes swab asli yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau laboratorium yang telah diverifikasi Kemenkes.

Hasil tes PCR atau tes swab tersebut hanya berlaku selama 72 jam, sejak waktu pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan umroh, atau sesuai ketentuan pihak pemerintah Arab Saudi.

Selain beberapa persyaratan di atas, ada hal lain yang tidak kalah penting sebelum Anda pergi ibadah umroh ke tanah suci. Hal tersebut adalah jenis vaksin Covid-19 yang Anda gunakan, karena pemerintah Arab Saudi hanya menerima pengunjung yang menggunakan jenis vaksin tertentu.

Pemerintah Arab Saudi hanya menerima pengunjung yang sudah mendapatkan vaksin jenis Pfizer, BioNTech, Comirnaty, Oxford AstraZeneca, Covishield, SK Bioscience, Vaxzevria, Moderna, Spike Vax, atau Johnson & Johnson.

Sehingga bagi yang sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin Sinovac dan Sinopharm, Anda harus mendapatkan dosis vaksin tambahan. Vaksin tambahan tersebut adalah satu jenis vaksin dari beberapa jenis yang tertera di atas.

Baca Juga:
Ingin Tahu Biaya Daftar Umroh Berapa? Baca Rinciannya Di Sini

 

Cara Daftar Umroh 2022

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan pendaftaran yaitu dengan mendatangi agen travel umroh yang dipilih. Kemudian cara daftar umroh 2022 selanjutnya yaitu mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan, namun sebelum itu Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen pendukung berikut ini:

1. Paspor Asli

Anda perlu memberikan paspor asli yang masih berlaku dan menyertakan file scan-nya, jika belum memiliki paspor Anda akan dibantu pihak travel untuk mengurusnya. Minimal masa berlaku paspor Anda adalah 8 bulan dari tanggal keberangkatan umroh.

Serta nama yang tertera di paspor minimal harus terdiri dari 3 suku kata. Jika nama Anda hanya terdiri dari satu suku kata, jangan khawatir karena nama Anda bisa ditambah dengan nama orang tua di kantor imigrasi terdekat.

2. Buku Kuning

Buku Kuning atau bukti Anda sudah mendapatkan suntikan vaksin meningitis. Jika tidak menyertakan dokumen ini Anda bisa ditahan oleh pihak Petugas kesehatan di bandara.

3. Pas Photo

Persyaratan daftar umroh yang selanjutnya yaitu pas photo terbaru dengan menyertakan soft file-nya. Pas photo tersebut harus menggunakan latar belakang putih dan 80 persen frame terlihat wajah Anda, tanpa menggunakan kacamata.

Khusus untuk perempuan harus mengenakan hijab, ukuran pas photo terbaru yang dilampirkan harus berukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.

4. Photo copy KTP

Persyaratan selanjutnya Anda harus melampirkan 1 lembar fotokopi KTP.

6. Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga

Jika mengajak anak pergi ibadah umroh, Anda harus melampirkan fotokopi akta kelahiran anak tersebut serta kartu keluarganya. Sementara untuk wanita yang berangkat umroh dengan mahram selain suaminya cukup menyertakan fotokopi kartu keluarga.

7. Untuk Warga Negara Asing (WNA)

Bagi yang memiliki kewarganegaraan asing dan ingin pergi beribadah umroh, Anda harus melampirkan fotokopi  kartu identitas beserta file scan-nya.

 

Penutup

Jadi itulah beberapa persyaratan daftar umroh yang harus Anda persiapkan dari jauh-jauh hari, sebelum tanggal keberangkatan. Pastikan Anda selalu mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan ibadah umroh.

Hasanah Tours & Travel 09 May 2022, 08:20